Efek Negatif Dari Penggunaan Pompa ASI

Banyak orang bertanya-tanya mengenai keamanan penggunaan pompa ASI. Menurut pakar kesehatan, penggunaan pompa tersebut boleh-boleh saja dan tidak berdampak apapun terhadap ibu maupun bayi. Tapi, Anda juga harus waspada terhadap beberapa hal berikut ini yang timbul akibat kesalahan saat menggunakan pompa.
Google Images
Kurang Sentuhan
Tentu menggunakan teknik pompa ini perlu alat khusus yang membuat ibu tidak bisa langsung memberikan ASI pada buah hatinya. Ibu harus memompanya terlebih dahulu, kemudian diminumkan pada buah hati. Hal ini menyebabkan renggangnya ikatan ibu dan anak (bila terus dilakukan).
Ketika proses menyusui berlangsung, buah hati kita sedang merasakan sentuhan kasih sayang dan kelembutan dari kulit kita. Ia juga akan merasa lebih aman, nyaman, dan rileks. Jadi, kalau bisa jangan menggunakan pompa ASI setiap waktu. Bayi juga harus belajar menyusu secara langsung.

Kebersihan Pompa Harus Diperhatikan
Kadang pompa dipakai berkali-kali tanpa dicuci terlebih dahulu. Tentu ini akan mencemari ASI. Sisa susu yang ada di dalam pompa mungkin sudah basi dan tercemar sehingga membuat buah hati Anda terserang diare.
Sebaiknya langsung cuci pompa Asi milik Anda dengan air sabun hingga bersih. Simpan di tempat yang kering dan bersih. Sebelum digunakan, lap dulu dengan kain yang bersih. Tempat untuk menampung ASI-pun juga harus terjamin kebersihannya.

Rasa Sakit
Kadang tekanan di dalam pompa terlalu kuat demi mengeluarkan ASI. Nah, kebanyakan ibu mengeluhkan rasa sakit saat dipompa. Bahkan, pompa dapat menyebabkan puting payudara lecet kalau ukurannya kurang tepat.


Ada cara lain yang digunakan untuk mengeluarkan ASI yang macet, yaitu tekanan atau pijat tangan. Teknik ini dilakukan dengan cara mengurut payudara dari atas ke bawah sehingga ASI dapat dikeluarkan dengan lancar sekaligus mengurangi nyeri karena bengkak. Nah, selingi pemakaian alat sedot Asi dengan teknik tersebut agar payudara ibu tetap sehat. 

Apapun alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan ASI, pada dasarnya bayi juga harus selalu disusui secara langsung. Hal ini akan membuat tubuh bayi selalu hangat dan sehat serta meningkatkan ketenangan. 


0 Response to "Efek Negatif Dari Penggunaan Pompa ASI"

Post a Comment