Cara Menghemat Energi Listrik Pada Pemakaian Lemari Es

Saat ini lemari es adalah salah satu perangkat elektronik yang hampir ada disetiap rumah. Padahal tidak dapat dipungkiri jika lemari es adalah salah satu perangkat elektronik yang memerlukan banyak energi listrik sama halnya seperti mesin cuci. Selain itu, kebanyakan masyarakat juga menggunakan lemari es secara terus menerus sehingga mengonsumi energi listrik yang cukup besar. Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara menghemat energi pada pemakaian lemari es.
 
 

    Cara menghemat energi listrik sangatlah penting untuk anda ketahui. Hal ini disebabkan persediaan energi listrik saat ini semakin menipis. Itu bisa dibuktikan dengan semakin seringnya pemadaman listrik bergilir yang dilakukan oleh PLN. Selain itu, hampir 80 persen pembangkit listrik di Indonesia masih menggunakan sumber energi yang tidak bisa diperbarui seperti bahan bakar minyak dan juga batu bara. Jadi hemat energi listrik adalah hal bijak yang harus dilakukan. Dan berikut ini adalah beberapa upaya menghemat energi listrik pada pemakaian lemari es.

1.    Tempatkan lemari es ditempat yang cukup sejuk dan jauhkan dari sinar matahari serta sumber panas yang lainnya. Selain itu, berikan jarak minimal 30 cm dari dinding untuk memberi ruang agar udara panas bisa keluar
2.    Jangan terlalu sering membuka pintu lemari es. Karena setiap lemari es terbuka selama 30 detik, maka lemari es akan membutuhkan waktu selama 30 menit untuk mengembalikan suhu seperti semula. Hal ini tentunya akan membutuhkan lebih banyak energi listrik.
3.    Jangan mengatur suhu lemari es terlalu dingin. Suhu ideal pada lemari es adalah 2 sampi 4 derajat Celcius. Semakin dingin pengaturan suhunya, maka kinerja kompresor lemari es akan semakin  lama sehingga lebih banyak membutuhkan energi listrik
4.    Isi lemari es susuai dengan kapasitasnya. Jika lemari es terlalu penuh, maka sirkulasi udara didalam lemari es akan terganggu sehingga bisa memperberat kinerja dari lemari es itu sendiri.

Nah itulah beberapa upaya mengirit energi listrik pada pemakaian lemari es. Selain itu, anda juga harus menghemat energi listrik pada pemakaian mesin cuci. Karena seperti yang sudah disebutkan diatas jika mesin cuci adalah salah satu peralatan elektronik yang membutuhkan banyak energi listrik. Untuk menghemat energi listrik, anda bisa menggunakan deterjen Rinso. Rinso dipilih karena sudah terbukti ampuh dalam menghilangkan noda membandel pada pakaian secara cepat. Dengan demikian maka kinerja dari mesin cuci tidak terlalu berat dan hanya membutuhkan sedikit energi listrik.

0 Response to "Cara Menghemat Energi Listrik Pada Pemakaian Lemari Es"

Post a Comment