Langkah dan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Benar dan Aman

Bayi yang baru lahir tidak harus dimandikan di dalam bak namun Anda dapat menyeka tubuh bayi dengan menggunakan spons yang dapat digunakan untuk bayi atau dengan menggunakan washlap. Pada dasarnya, cara memandikan bayi baru lahir yang masih memiliki tali pusat yang belum kering berpusat pada wajah, leher, tangan, pantat. Pembersihan bagian tali pusat menggunakan kasa yang dibasahi alkohol 70% untuk mensterilkan area tersebut dan bungkus kembali dengan kasa steril yang bersih.
 



Sebelum Anda melakukan cara memandikan bayi yang baru lahir dengan benar dan aman, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang Anda perlukan mulai dari perlengkapan untuk mandi (bak mandi, washlap, handuk) hingga pakaian yang akan dipergunakan oleh bayi Anda. Pastikan ruangan dan air yang Anda gunakan adalah air hangat sehingga bayi tidak mudah kedinginan dan tidak kepanasan. Pastikan jika saat Anda memandikannya terutama jika Anda meletakkannya di bak mandi, bayi tidak dalam keadaan mengantuk.

Ketika Anda memandikan bayi Anda, lepaskan perhiasan yang melekat pada tangan Anda sehingga tidak menimbulkan masalah misalnya menggores kulit bayi Anda dan pastikan Anda mencuci tangan Anda terlebih dahulu. Setelah Anda meletakkan bayi Anda di atas alas, bersihkan wajahnya sebelum Anda membuka bajunya dimulai dari kelopak mata. Ketika melepaskan pakaian, mulailah dari popok terlebih dahulu agar bayi tetap hangat.

Gunakan air hangat dengan suku sekitar 36-38oC dan tinggi air pada bak kurang lebih 5 cm. Langkah atau cara memandikan bayi baru lahir dengan benar dan aman yaitu:

•    Topang kepala dan tubuh dengan tangan dan lengan Anda dan bagian lain untuk menyangga tubuh bawah dan pastikan Anda kokoh memegangnya.
•    Mulai basuh kepala kemudian tubuh, pantat dan alat kelaminnya.
•    Untuk menghindari penyebaran kuman, sebaiknya Anda gunakan kain yang berbeda terutama untuk bagian alat kelamin dan pantat.
•    Untuk alat kelamin bayi perempuan, pembersihan dilakukan di atas perlak dengan tisu atau kapas kering dan kapas basah dengan arah dari vagina ke anus sedangkan untuk bayi laki-laki, dengan menarik kulup perlahan kemudian secara keseluruhan.

0 Response to "Langkah dan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Benar dan Aman"

Post a Comment