Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya

Omega 3 merupakan salah satu jenis nutri yang diperlukan oleh tubuh. Manfaatnya yang banyak membuat omega 3 dianjurkan untuk dapat dikonsumsi oleh kita. Namun dalam mengkonumsi omeg 3 harus juga diperhitungkan kadar kebutuhan untuk setiap harinya. Karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak omega 3 pun dapat menyebabkan kerugian yang berdampak bagi tubuh. Oleh karena itu mengkonsumsi omega 3 sesuai dengan kebutuhan tubuh sangat dianjurkan supaya tubuh kita dapat menyerap manfaatomega 3 secara maksimal.
Berikut ini adalah beberapa manfaat omega 3 dan juga efek sampaingnya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak.
Manfaat omega 3:
    Mencegah datangnya penyakit alzheimer. Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang menyerang kepala, penyakit inipun sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi omega 3 setiap harinya secara rutin, terbukti dapat mencegah resiko terkena penyakit ini.
    Sebagai anti inflamasi. Disini maksudnya omega 3 berperan dalam membantu memulihkan berbagai penyakit seperti asma, eksim, radang sendi, dan juga psoriasis.
    Dapat meningkatkan perkembangan anak. Bagi anak anak yang dalam masa pertumbuhan, untuk membantu perkembangan fisik dan mentalnya maka mengkonsumsi omega 3 sangat dianjurkan bagi mereka.
    Menurunkan resiko penyakit diabetes. Bagi mereka yang terkena penyakit diabetes sangat baik untuk mengkonsumsi omega 3 karena menurut suatu penelitian resiko diabetes dapat berkurang hingga dua kali lipat dengan mengkonsumsi omega 3.
    mengurangi sakit saat datang bulan. Bagi wanita yang sering merasakan sakit yang luar biasa pada saat datang bulan, maka dengan mengkonsumsi omega 3 rasa sakit tersebut dapat berkurang.
    membantu dalam penyerapan vitamin. Beberapa vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E, dan K. Dapat terserap dengan baik karena bantuan dari omega 3.
Sedangkan efek samping yang dapat ditimbulkan jika anda terlalu banyak mengkonsumsi omega 3 secara berlebihan adalah sebagai berikut:
    Menimbulkan gangguan pada perut. Dengan mengkonsumsi omega 3 yang berlebih dari minyak ikan maka dapat menyebn perut kembung karena meningkatnya produksi gas dalam perut.
    Adanya memar dan pendarahan. Dalam mengkonsumsi omega 3 sebaiknya tidak dibersamaan dengan anda mengkonsumsi obat yang lain, seperti obat pengencer darah. Hal ini terutama bagi anda yang mempunyai masalah dalam pembekuan darah. Jika ini dilakukan maka resiko akan pendarahan dan memar sangat mungkin terjadi. Oleh sebab itu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.
    Mampu meningkatkan kadar glukosa darah. Selain dapat menurunkan resiko diabetes, omega 3 pun juga dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Karena itu konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya kepada dokter dibidangnya.
Walaupun banyak manfaat yang dapat anda peroleh dari mengkonsumsi omega 3, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka hal ini menjadi hal yang kurang baik untuk kesehata. Oleh karena konsumsi omega 3 sesuai dengan kebutuhan dan lebih baik lagi mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya.



0 Response to "Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya"

Post a Comment