4 Mitos Masa Kehamilan 7 Bulan dan Fakta di Baliknya

Masa kehamilan 7 bulan adalah saat yang penting bagi banyak wanita mengandung, karena inilah saat trimester terakhir. Di masa ini, semua organ vital milik janin juga sudah terbentuk secara lengkap. Bagi para ibu sendiri, masa ini juga merupakan masa di mana perubahan tubuh makin terasa. Di sinilah juga, terjadi banyak mitos dan perkataan yang menyelimutinya.



Bagi para ibu hamil, Anda pasti sudah cukup sering mendengar mitos-mitos tersebut, yang kadang membuat hati semakin was-was saja, padahal kondisi badan Anda sendiri juga sedang tidak fit. Kalau Anda tak mengklarifikasinya, justru Anda akan merasa takut melakukan apa-apa. Pertama-tama, ketahuilah dulu apa saja mitos tersebut, dan bandingkan dengan faktanya.

Apa saja mitos-mitos mengenai masa kehamilan periode 7 bulan ini? Berikut beberapa di antaranya:

1.    Pamali jika belanja macam-macam kebutuhan bayi
Kenyataannya, ini karena dulunya tak ada USG, sehingga sulit tahu jenis kelamin bayi. Sekarang? Anda bebas mau berbelanja apa saja, dari perlengkapan Zwitsal yang khusus untuk bayi, hingga baju-bajunya.
2.    Harus rajin mengepel
Ini sebenarnya untuk membantu mengubah posisi bayi agar siap ketika persalinan, dan agar ibu melakukan olahraga ringan. Jika posisi bayi sudah berubah, Anda tentu tak perlu melakukannya lagi. Namun jangan hentikan olahraga ringannya, karena ini akan membuat Anda lebih nyaman.
3.    Tidak boleh berhubungan karena bisa prematur
Ini hanya mitos, meski berdasarkan sedikit fakta. Di dalam sperma, ada hormon prostaglandin yang bisa menimbulkan kontraksi, namun ini hanya bisa terjadi ketika reseptornya sudah aktif.
4.    Harus mengikuti upacara-upacara adat
Dari mitoni, sungkeman, dll. semua itu hanyalah mitos saja. Namun tak ada salahnya melakukannya, karena di balik itu, tersembunyi doa dan harapan agar si kecil tumbuh dengan baik.

Masa kehamilan 7 bulan memang masa-masa yang membawa banyak perubahan, karena persalinan semakin mendekat. Namun ini bukan berarti Anda harus mempercayai semua mitos yang ada di luar sana. Periksakan diri Anda secara intensif ke dokter kandungan, jaga makan, dan berhati-hatilah ketika beraktivitas, semua itu adalah hal-hal logis yang memang sudah seharusnya Anda lakukan sebagai calon ibu.

0 Response to "4 Mitos Masa Kehamilan 7 Bulan dan Fakta di Baliknya"

Post a Comment