Cara Pijat Bayi Yang Benar Pada Beberapa Bagian Tubuh Bayi

Memijat bayi yang sering dilakukan oleh seorang ibu kepada anaknya yang dilakukan juga secara rutin dapat membangun ikatan kasih sayang yang semakin kuat antara ibu dan bayi. Selain itu juga berpengaruh pada kesehatan bayi yang dapat terhindar dari segala penyakit yang mudah menyerang bayi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahlipun ditemukan bahwa dengan pijat bayi secara benar dapat membentuk siklus tidur bayi yang benar, meningkatkan kekebabalan tubuh bayi (imunitas), perkembangan intelektual dan manfaat yang lainnya.

pijat bayi


Tetapi untuk mendapatkan semua tentunya diperlukan tips dan cara pijat bayi yang benar terutama pada beberapa bagian tubuh bayi. Seperti saat anda memijat bayi gunakan selimut atau bisa juga handuk halus, dan juga gunakan minyak pijat khusus bayi. Pastikan juga saat anda akan memijat minyak yang digunakan tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Caranya sebelum digunakan teteskan minyak bayi pad kulit anda, lalu tunggu beberapa jam untuk memastikan tidak ada iritasinya.
Saat akan memulainya pastikan juga tempat yang dipakai untuk memijat bayi dalam keadaan bersih dan nyaman, dengan menempatkan bayi di atas selimut, kaki bayi menghadap perut anda dan kepala bayi tepat pada ujung kaki anda. Usahakan posisi bayi jangan sampai miring atau ia merasa tidak nyaman.

Untuk pijatan pertama anda dapat melakukannya pada bagian lengan bayi dengan cara pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang lengannya dengan tangan lainnya. Lalu pijat turun naik mulai dari ujung sampai kepada pangkal lengan bayi, kemudian pijat juga telapak tangannya dan tekan, setelah itu tarik setiap jarinya dengan perlahan. Dalam melakukannya jangan sampai bayi anda merasa kesakitan atau menangis, jika bayi menangis besar kemungkinan ia merasa tidak nyaman dengan pijatan anda.

Selanjutnya yaitu memijat bagian kepala dan juga wajah bayi dengan cara angkat pada bagian belakang kepala bayi dengan tangan anda, lalu usap-usap kulit kepalanya dengan ujung jari anda. Setelah itu gosok-gosok secara perlahan daun telinganya, disusul dengan mengusap alis matanya, kedua kelopak matanya yang tertutup, mulai dari puncak tulang hidung kebagian kedua pipinya. Pijat juga bagian dagunya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil.

Yang terakhir pijat juga bagian punggung bayi dengan cara menelungkupkan bayi di atas lantai atau di atas kedua kaki anda. Setelah itu anda naik dan turunkan kedua tangan mulai dari bagian atas punggung bayi sampai ke bagian pantatnya. Lakukan pijatan ini dengan membentuk suatu lingkaran kecil pada sepanjang tulang punggung bayi, dan tangan anda berfungsi seperti sebuah garu dan garuk punggungnya terus ke arah bawah secara perlahan.

0 Response to "Cara Pijat Bayi Yang Benar Pada Beberapa Bagian Tubuh Bayi"

Post a Comment