Kuota SNMPTN 2016 untuk IPB Tak Dikurangi


IPB (Institut Pertanian Bogor) tidak akan mengurangi kuota untuk mahasiswa baru dengan jalur SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi. Yonny Koesmaryono sebagai wakil rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan di IPB mengatakan bahwa alokasi kuota untuk mahasiswa baru IPB dengan jalur SNMPTN masih menggunakan kuota 60 persen. Meskipun Dikti telah mengurangi kuota penerimaan mahasiswa SNMPTN menjadi 40 persen.

Pastinya keputusan IPB dalam hal ini sudah menggunakan berbagai pertimbangan yang matang. Berikut ini adalah beberapa alasan yang diberikan oleh IPB yang membuat mereka masih menggunakan kuota 60 persen untuk mahasiswa baru SNMPTN, yaitu:

  • Pertimbangan nilai rapor dalam penerimaan mahasiswa baru masih dipercayai.
  • Sudah 30 tahun yang lalu, IPB sudah memiliki sistem peringkat historis akademik di beberapa sekolah.
Institut Pertanian Bogor akan menerima sejumlah 3.700 untuk mahasiswa barunya. Mereka menggunakan 60 persen untuk jalur SNMPTN dan 40 persen sisanya dari jalur masuk perguruan tinggi yang lainnya, baik SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) dan UM (Ujian Mandiri). Hal ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Panitia SNMPTN di IPB nantinya akan menggunakan sistem pemberangkatan sesuai dengan akreditasi sekolah masing-masing. Berikut ini adalah sistem yang digunakan, yaitu:

  1. Sekolah berakreditasi A dapat mendaftarkan 75 persen dari siswa yang paling baik.
  2. Sekolah berakreditasi B dapat mendaftarkan 50 persen dari siswa yang paling baik.
  3. Sekolah berakreditasi C dapat mendaftarkan 20 persen dari siswa yang paling baik.
Meskipun demikian, IPB (Institut Pertanian Bogor) juga tidak mengabaikan fenomena pendidikan sekarang ini. Karena kuota SNMPTN yang tinggi membuat banyak sekolah yang merekayasa nilai untuk muridnya. Mereka memberikan nilai yang lebih tinggi agar murid mereka dapat masuk ke perguruan tinggi favorit. Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan besar untuk menetapkan kuota penerimaan SNMPTN.

0 Response to "Kuota SNMPTN 2016 untuk IPB Tak Dikurangi"

Post a Comment