Tips Menghemat Listrik Dengan Mencuci Kaos Secara Manual

Tentu sudah banyak diketahui jika kaos adalah pakaian yang praktis dan paling sering digunakan terutama saat bersantai. Meskipun pakaian yang praktis, namun kaos juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya yaitu cepat rusak jika sering dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Oleh karena itu hindari sebisa mungkin untuk mencuci kaos dengan mesin cuci. Selain kaos tetap awet, mencuci kaos secara manual juga bisa menghemat listrik.

hemat listrik


    Selain tips yang sudah saya sebutkan diawal, masih ada beberapa tips lagi yang bisa anda lakukan untuk menghemat setrum dan menjaga kaos tetap awet. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

1.    Jangan rendam kaos terlalu lama
Tips yang pertama yaitu jangan merendam kaos lebih dari satu jam. Hal tersebut dikarenakan detergen memiliki sifat basa sehingga bisa merusak sablon pada kaos kesayangan anda.

2.    Jangan disikat
Mencuci kaos dengan menyikatnya terlalu keras atau memakai mesin cuci akan merusak sablon dari kaos tersebut. Dengan mencuci secara manual maka anda bisa menentukan kekuatan untuk menyikat kaos tersebut.

3.    Jemur Terbaik
Sinar matahari yang terlalu terik bisa mengakibatkan warna dan sablon pada kaos menjadi pudar. Oleh sebab itu selalu jemur kaos dengan posisi terbalik, untuk mencegah sablon terkena paparan sinar matahari secara langsung.

4.    Pisahkan saat mencuci
Maksudnya pisahkan kaos yang memiliki warna kuat (biru, hitam, merah, dan hijau) dengan kaos yang berwarna putih. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kaos putih terkena lunturan warna dari kaos lain yang berwarna kuat.

5.    Jangan digantung
Jangan pernah menggantung kaos menggunakan hanger, karena bisa menyebabkan leher kaos menjadi molor. Kecuali jika kaos sudah kering, maka anda bisa menggantungnya dengan hanger karena kaos memiliki berat yang lebih ringan dari pada saat dalam keadaan basah.

6.    Hindari pemutih
Pemutih pakaian pada umumnya memiliki zat kimia yang sangat pekat sehingga bisa menyebabkan sablon menjadi terkelupas. Selain itu, pemutih pakaian juga bisa membuat kaos kesayangan anda menjadi kasar dan cepat tipis.

    Nah itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mencuci kaos secara manual. Untuk lebih mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menggunakan Rinso sebagai detergen untuk mencuci kaos. Jika anda menggunakan Rinso Cair untuk mesin cuci, maka anda juga bisa menghemat listrik karena Rinso Cair  akan memudahkan kinerja mesin cuci dalam mengangkat noda yang membandel.

0 Response to "Tips Menghemat Listrik Dengan Mencuci Kaos Secara Manual"

Post a Comment