Apakah Anda Layak Membeli Tempat Tinggal yang Bersubsidi?



Agar bisa memiliki rumah, banyak cara pun akhirnya juga dilakukan, salah satunya dengan mencari rumah subsidi yang banyak dibangun oleh Perumnas. Masalahnya adalah, rumah semacam ini tak selalu tersedia bagi masyarakat yang berada di kalangan menengah, sehingga sebelum Anda mengajukan kredit untuk rumah semacam ini, pastikan bahwa Anda memang telah layak untuk mendapatkannya.

Apa saja syarat yang diperlukan agar hunian subsidi ini bisa menjadi milik Anda? Hal tersebut bisa berbeda-beda, tergantung dari bank dan juga dari pengembang itu sendiri. Adapun syarat umumnya biasanya adalah:

  • Penghasilan Anda haruslah sekitar Rp4 juta per bulannya saja, atau ada bank yang membolehkan dengan gaji Rp5,5 juta.
  • Anda maupun pasangan Anda (jika punya) belum pernah menerima bantuan subsidi semacam ini sebelumnya. Jika sudah pernah, maka Anda biasanya akan sulit mendapatkannya.
  • Punya pekerjaan atau penghasilan yang tetap. Jika bekerja, maka diharapkan agar Anda sudah jadi karyawan atau berbisnis selama 1 tahun.
  • Punya NPWP, PPh, SPT, dll. Intinya, orang yang membeli rumah semacam ini haruslah taat pajak.
Sedangkan ketika Anda akan mengambil rumah ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu:

  1. Total harga - jangan sampai harga rumah ini justru melebihi dari banyaknya subsidi yang diberikan. Anda sendiri yang kesulitan nantinya.
  2. Kemampuan finansial - cukupkah gaji Anda untuk membiayai kehidupan sehari-hari sekaligus membayar untuk angsuran tiap bulan?
  3. Cari tahu informasi lengkap - jangan sampai ada informasi yang terlewatkan dari rumah yang akan Anda beli ini. Jangan ragu untuk bertanya langsung.
  4. Jangan oper kredit - salah satu syarat yang diwajibkan ketika Anda akan membeli rumah semacam ini adalah tak diperbolehkannya melakukan oper kredit. Paling tidak selama 5 tahun, Anda harus tinggal dan membayar angsurannya.
Sudahkah Anda memeriksa apakah Anda layak mendapatkan rumah subsidi tersebut? Memang terkesan sangat merepotkan dalam mendapatkan rumah semacam ini, apalagi yang dibangun oleh negara. Namun ini ada alasannya sendiri, yaitu memastikan bahwa rumah memang terjual tepat sasaran, yaitu kalangan bawah yang memang kesulitan melakukan KPR secara standar. Segera periksa apa saja syaratnya sebelum mengajukan.

0 Response to "Apakah Anda Layak Membeli Tempat Tinggal yang Bersubsidi?"

Post a Comment